Hal yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Bagi para wanita, jerawat adalah musuh bersama yang sangat dibenci kedatangannya. Hal ini jelas karena jerawat bisa mengganggu penampilan mereka. Maka dari itu, penting bagi kalian semua untuk mengatasi jerawat dengan cara-cara yang alami agar bisa mengembalikan wajahmu yang cantik dan sehat.

Hal yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Selain dengan melakukan perawatan tertentu, ada beberapa hal yang harus dihindari saat berjerawat. Misalnya dengan menjaga pola tidur, penggunaan kosmetik, dan juga cara kita dalam memperlakukan jerawat itu sendiri. Bukan hanya untuk mencegah jerawat menjadi lebih parah, namun hal ini juga bertujuan untuk mencegah datangnya jerawat tersebut.

Jika saat ini kamu memang sedang berjerawat, sebaiknya hindarilah 4 hal berikut:


Memencet Jerawat

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi orang-orang untuk memencet jerawat yang sedang tumbuh pada wajahnya. Mereka menganggap bahwa hal seperti ini bisa menghilangkan jerawat dengan cepat. Bahkan cara ini sering dilakukan sebagai bentuk pelampiasan terhadap tumbuhnya jerawat yang membandel. Apapun alasannya, memencet jerawat apalagi hingga mengeluarkan darah adalah hal yang tidak baik.

Terutama jika tangan kamu kotor, maka bisa membuat jerawat tumbuh semakin parah. Jerawat yang sebelumnya hanya berupa benjolan biasa bisa berubah menjadi lebar, teriritasi, dan mengeluarkan darah. Maka dari itu, usahakan sebisa mungkin untuk tidak memencet jerawatmu. Memang dibutuhkan kesabaran agar bisa melakukan hal ini. Namun jika kamu sudah terbiasa, maka setiap kemunculan dari jerawat ini tidak akan pernah membuatmu terpancing untuk memencetnya.

Penggunaan Kosmetik Berat

Saat sedang berjerawat, ada baiknya jika kamu mengurangi penggunaan produk kosmetik yang berat atau memiliki kandungan zat kimia yang banyak. Pasalnya, kulit wajah akan menjadi sangat sensitif saat sedang berjerawat sehingga mudah mengalami alergi terhadap produk kosmetik, terutama yang berat.

Kandungan zat kimia di dalam produk kosmetik bisa memperparah kondisi jerawat sehingga pertumbuhannya akan menjadi lebih cepat. Jika kamu merasa bahwa penggunaan kosmetik ini memang membuat pertumbuhan jerawat di wajahmu semakin subur, sebaiknya hentikanlah segera.

Sering Begadang

Hal yang harus dihindari saat berjerawat selanjutnya adalah begadang. Jika selama ini kamu adalah orang yang sering begadang atau kurang tidur, maka wajar jika jerawatmu susah untuk hilang. Bukan hanya masalah jerawat, kebiasaan begadang juga bisa menimbulkan garis-garis halus pada wajahmu.

Oleh karena itu, aturlah pola tidurmu sebaik mungkin, sekalipun kamu tidak sedang berjerawat. Jika kamu adalah orang yang kesulitan dengan tidur, maka siasatilah hal ini. Mungkin kamu perlu untuk mengatur ulang tata letak tempat tidur dan membuatnya menjadi senyaman mungkin. Selain itu, hindari pula untuk makan atau minum terlalu banyak pada malam hari karena bisa membuatmu kesulitan tidur.

Stress

Stress atau terlalu banyak pikiran memiliki kaitan yang erat terhadap kecantikan seorang wanita. Bukan hanya membuat wajah mereka tampak lesu dan tua, namun stress bisa juga meningkatkan pertumbuhan jerawat di wajah. Saat sedang berjerawat, sebisa mungkin hindari segala kondisi yang bisa membuatmu merasa stress. Lakukanlah aktifitas yang bisa meminimalisir tingkat stres seperti menonton film komedi, relaksasi, atau bercerita dengan orang-orang yang bisa kamu percaya sehingga beban pikiranmu menjadi berkurang.

***

Sebaiknya hindarilah ke 4 poin di atas jika kamu sedang berjerawat. Selain itu, usahakan pula untuk tidak terlalu sering terkena sinar matahari karena bisa memperburuk kondisi jerawat kamu. Semoga informasi mengenai beberapa hal yang harus dihindari saat berjerawat di atas bisa membantu kalian yang dipusingkan dengan makhluk kecil ini.

Subscribe to receive free email updates: