Melihat 10 Obyek Wisata Paling Terkenal di Ambon

Keindahan alam Kota Ambon memang sudah tidak diragukan lagi. Ibu kota dari Provinsi Maluku ini memiliki panorama pantai yang luar biasa serta menyimpan banyak peninggalan sejarah yang menarik untuk dijelalajahi. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Ambon yang wajib untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Natsepa

Pantai Natsepa

Pantai yang terletak di kecamatan yang sama dengan Pantai Liang ini juga menawarkan keindahan yang tidak kalah bagus. Anda dapat melakukan beberapa hal seperti memancing di laut lepas atau membeli ikan segar di pasar ikan serta mencicipi rujak buah khas Pantai Natsepa yang terkenal.

2. Museum Siwalima

Museum Siwalima

Museum Siwalima ini memiliki dua bangunan utama yakni museum kelautan dan museum etnografi. Di dalam museum etnografi terdapat berbagai koleksi seperti peralatan untuk rumah tangga, miniatur dari rumah adat, pakaian tradisional, dan beberapa guci peninggalan Jepang. Sementara museum kelautan memiliki koleksi tiga buah kerangka ikan raksasa dengan ukuran 9, 17, dan 19 meter.

3. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe

Masjid yang bangunannya terbuat dari pelepah sagu ini menyimpan sebuah Al Quran yang ditulis menggunakan tangan serta timbangan beras kuno untuk zakat fitrah. Masjid ini konon dapat berpindah tempat sendiri saat menjelang subuh yakni dari Tehala ke Desa Atetu atau Kaitetu.

4. Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota

Pantai yang dipenuhi oleh batuan karang ini memiliki sebuah tebing karang rakasa yang menjorok ke laut dengan lubang besar layaknya sebuah pintu. Anda dapat menikmati pemandangan ombak yang menghantam tebing karang yang juga sering digunakan sebagai lokasi foto dari majalah wisata alam ataupun prewedding oleh banyak pasangan.

5. Pemandian Air Panas Negeri Tulehu

Pemandian Air Panas Negeri Tulehu

Tempat wisata yang berjarak 30 km dari pusat kota Ambon memiliki beberapa fasilitas antara lain dua buah kolam dengan suhu air yang berbeda, gazebo, ruang ganti, serta tempat karaoke. Anda juga dapat menikmati beberapa kuliner setelah puas berendam seperti ketela rebus, mie rebus, hingga teh dan kopi hangat.

6. Benteng Ferangi

Benteng Ferangi

Benteng pertahanan yang dididirikan pada tahun 1575 oleh bangsa Portugis ini digunakan sebagai pusat pemerintahan serta tempat untuk menyimpan rempah – rempah di Negara Indonesia bagian timur. Benteng ini memiliki beberapa meriam lama dengan ukuran yang sangat besar, peta / atlas perkembangan Ambon secara lengkap dari masa ke masa, serta beragam benda bersejarah peninggalan Belanda dan Portugis.

7. Benteng Amsterdam

Benteng Amsterdam

Benteng peninggalan penjajah yang dibangun pada tahun 1512 ini berbentuk seperti rumah biasa yang memiliki tiga lantai. Di dalamnya terdapat tempat tidur para prajurit, ruang pertemuan, serta pos pemantau. Di sini juga terdapat sebuah menara yang digunakan untuk memantau kondisi sekitar.

8. Nusa Pombo

Nusa Pombo

Nusa Pombo merupakan pulautidak berpenghuni yang dapat ditempuh sekitar satu jam dengan menggunakan speed boat. Anda dapat melakukan berbagai hal seperti menyelam, snorkeling, berenang, trekking keliling pulau, atau mendirikan tenda untuk menginap.

9. Pantai Santai

Pantai Santai

Pantai yang cocok untuk digunakan sebagai lokasi bersantai ini dapat Anda menikmati pemandangannya sembari memesan kuliner andalan di sini yakni pisang goreng dan teh manis. Anda juga dapat melakukan snorkling dan menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

10. Pantai Liang

Pantai Liang

Pantai yang pernah dinobatkan sebagai pantai terindah di Indonesia oleh PBB ini mempunyai hamparan pasir putih serta air jernih yang berwarna kebiruan. Anda dapat melakukan berbagai hal seperti bermain air, berjemur di pasirnya yang landai, atau berteduh sembari menikmati kuliner setempat.

Subscribe to receive free email updates: