Cara Mudah Budidaya Rumput Gajah Terbaru 2016

Budidaya Rumput Gajah Terbaru 2016 - Rumput gajah atau dikenal dengan sebutan naper gras, elepant gras, atau Uganda grass memiliki nama latin pennisetum purpureum. Rumput gajah merupakan rumput yang banyak digunakan untuk pakan ternak.

Cara Mudah Budidaya Rumput Gajah

Budidaya rumput gajah banyak di lakukan diafrika karena rumput ini tahan dengan cuaca panas. Rumput gajah umumnya tinggi dan besar yang dimanfaatkan untuk pakan sapi, kambing dan gajah. Umumnya ternak mengkonsumsi rumput gajah minimum sekitar 1,5 - 0,8 dari total bahan kering bobot ternak yang di gemukkan.

Teknik Pengolahan Tanah Untuk Budidaya Rumput Gajah

Budidaya rumput gajah akan baik jika dilakukan di tanah yang telah diolah dengan baik. Saat hendak menanam rumput gajah waktu paling baik yang dilakukan adalah menjelang musim hujan. Selain itu tanah yang bersih dari semak dan tumbuhan liar dicangkul untuk membalikkan tanah dan diratakan.

Tanah yang telah diratakan dibuat lubang tanam dengan ukuran sekitar 20 cm x 20 cm bisa juga dibuat dengan mata cangkul atau sekitar kedalaman 20-25 cm. jika lubang tanam telah siap, selanjutnya masukkan pupuk kandang ke dalam lubang sekitar setengah kilogram.

Dalam persiapan lahan untuk Budidaya rumput gajah penting juga anda perhatikan keadaan tanah yang akan di oleh tersebut. Tanah yang paling bagus untuk rumput gajah adalah tanah yang memiliki kandungan asam dengan ph sekitar ph 4 - 5,5, selain itu saat mempersiapkan lahan jangan lupa pula untuk melakukan pengapuran tanah.

Gunakan kpaur pertanian atau kaptan dengan konsentrasi atau takaran yang disesuaikan dengan kondisi alami tanah yang akan di jadikan lahan.

Cara Penanaman Rumput Gajah

Budidaya rumput gajah tidak bisa dilepaskan dengan cara penanaman yang dilakukan. Cara menanam rumput gajah bisa dilakukan dengan stek dan anak. Untuk stek Tanamlah batang yang tidak begitu muda, kemudian di potong potong sekitar 20-30 cm, sehingga ada 2 -3 ruas tiap potongannya. Stek batang kemudian ditanam dengan posisi miring sekitar 30-40 derajat dengan 1-2 ruas yang masuk ke dalam tanah, sedangkan sisa ruas lainnya ada di permukaan tanah.

Untuk cara menanam rumput gajah dengan cara anakan adalah dengan memilih anakan yang bagus dan tidak terlalu muda. Setiap lubang berikan 2-3 batang anakan. Usahakan akarnya masih dalam keadaan yang baik. bagian atas dipotong sehingga sisa kurang lebih 30 cm. Kemudian berilah pupuk kandang.

Budidaya rumput gajah akan sampai pada masa panen sekitar umur 90 hari setelah menanam. Saat umur 40 hari bisanya terjadi pada musim hujan sedangkan untuk usia 60 hari pada musim kemarau. Tinggi pemotongan yang dianjurkan dari tanah adalah 10-15 cm. produksi rumput gajah umumnya 100-200 ton setiap tahun per hectare. Namun setelah usia 4 tahun sebaiknya ganti dengan yang baru.

Subscribe to receive free email updates: