Umpan Ikan Bawal Praktis Dan Ampuh

Ikan bawal merupakan jenis ikan yang terbilang mudah untuk diberi umpan. Seperti halnya ikan nila, ikan bawal juga merupakan jenis ikan yang dapat memakan segala jenis umpan. Ikan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat ini baik untuk dikonsumsi, maupun dibudidayakan untuk menjadi area pemancingan. Pemilihan umpan ikan bawal juga terbilang mudah. Ikan bawal atau collossoma macropomum merupakan nama ilmiah dari ikan yang juga masih memiliki kekerabatan dengan jenis ikan piranha. Dapat dilihat dari bentuk dan warna dari ikan tersebut yang pipih dan corak warna menyerupai piranha, ikan bawal juga memiliki sifat agresif yang hampir sama dengan ikan piranha.

Umpan Ikan Bawal Praktis Dan Ampuh

Bila kita ingin memancing ikan bawal maka kita juga memerlukan sedikit tenaga dan tantangan karena ikan ini akan bergerak cepat hingga akhirnya berhasil tertangkap oleh kail. Oleh karena itu kita juga memerlukan umpan ikan bawal yang ampuh yang dapat digunakan pada saat memancing. Beberapa jenis umpan ikan bawal dapat menggunakan pellet yang dibeli di toko-toko pakan ikan, atau juga dapat membuat dan mengolah sendiri umpan yang diinginkan.

Persiapan Membuat Umpan Ikan Bawal


Berikut beberapa resep membuat umpan ikan bawal yang dapat dijadikan referensi membuat umpan ikan bawal yang mudah.

• Campuran pertama, 1 butir telur, 2 sendok makan tepung ikan, 2 sendok makan tepung terigu, 2 sendok makan tepung susu, 2 sendok makan tepung udang. Pertama kocok telur tadi sampai membentuk buih selanjutnya barulah ditambah dengan tepung-tepung lainnya dan aduk sampai adonan benar-benar liat dan merata. Kukus selama + 30 menit dan bentuk bulat seukuran kacang.

• Campuran ¼ pellet udang, ¼ pellet ikan patin, ¼ pellet ikan koi, 5 sendok makan madu dan rebusan 2 butir kuning telur. Cara membuatnya dengan merendam seluruh pellet dalam air secukupnya atau + 1 ½ gelas selama + 10 menit, lalu tambahkan kuning telur dan madu lalu aduk sampai merata dan bentuk seukuran kacang.

• Campuran ½ kacang mede, ¼ kacang kenari, ¼ kacang almond, 3 sendok makan wisman, ½ toples berukuran kecil ovalet. Cara membuatnya dengan mensangrai semua bahan kacang-kacangan tersebut lalu diblender dan campur sampai merata. Tambahkan wisman dan ovalet tadi dan juga kapas untuk menempelkan pada bagian mata kail agar tidak hancur nantinya saat dipasangkan.

Umpan Ikan Bawal Praktis


Jika anda tidak ingin repot atau kesulitan dalam membuat campuran/racikan tersebut. Selain umpan ikan bawal tadi, ada pula beberapa jenis umpan yang dapat menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar kita dan dapat dijadikan umpan ikan bawal yang praktis. Hal ini mengingat ikan bawal merupakan jenis ikan yang dapat memakan berbagai jenis umpan. Ikan bawal juga dapat memakan jenis sayuran atau buah-buahan. Dan anda tidak perlu repot-repot meracik campuran-campuran terlebih dahulu.

Anda juga dapat menggunakan umpan ikan bawal lainnya yang cukup mudah didapat, yaitu dengan menggunakan umpan pellet yang tersedia dan mudah didapat di toko-toko pakan , dari produk stella (pisang susu). Pellet ini memiliki aroma campuran antara pisang dan juga susu yang harum dan sangat disenangi oleh ikan tentunya. Setelah pellet dicampur dengan sedikit air dan dilekatkan pada ujung mata kail, maka umpan anda siap untuk digunakan.

Umpan alternative lainnya yang dapat digunakan sebagai umpan ikan bawal adalah jenis binatang kecil yang juga sangat disukai ikan bawal. Umpan tersebut diantara nya seperti cacing yang juga bisa digunakan untuk jenis-jenis ikan lainnya, jangkrik, udang, ati ayam atau usus dan juga ikan-ikan kecil lainnya.

Ikan-ikan yang dapat dijadikan sebagai umpan ikan bawal misalnya ikan guppy, atau anak ikan mas. Selain itu anda juga bisa menggunakan katak kecil, ulat daun pisang, kepiting sawah, belalang, keong sawah, atau juga bisa menggunakan daging ikan salmon. Jenis-jenis umpan ini bisa digunakan bagi anda yang tidak memiliki cukup waktu atau waktu luang sehingga lebih praktis.

Baca Juga:  Berkenalan Jenis Jenis Ikan Cupang

Subscribe to receive free email updates: