Umpan Ikan Gabus Yang Paling Ampuh

Ikan gabus adalah ikan jenis predator yang biasa hidup di air tawar, misalnya saja di rawa-rawa, sungai, parit, danau, atau kanal. Ikan gabus dikenal luas dengan banyak sebutan atau nama di berbagai daerah di tanah air, misalnya saja orang kutuk, kabos dan lain sebagainya. Ikan gabus ini dalam bahasa Inggris juga memiliki berbagai julukan, misalnya saja seperti snakehead murrel, common snakehead, chevron snakehead, striped snakehead sedang untuk bahasa ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793). Umpan Ikan Gabus menjadi sesuatu yang sering dicari para pemancing karena ikan gabus memiliki sensasi tarikan yang lumayan greget.

Umpan Ikan Gabus Yang Paling Ampuh

Bagi pemancing mania yang tertarik untuk berburu ikan gabus, tak hanya Umpan Ikan Gabus yang harus diperhatikan, salah satu yang harus diperhatikan saat memancing ikan gabus adalah waktu untuk memburu ikan gabus ini. Waktu yang paling efektif untuk berburu ikan gabus ini adalah di waktu pagi hari serta saat sore hari, pasalnya pada waktu-waktu tersebut kondisi lingkungan disekitar area atau spot memancing belumlah terlampau panas sehingga ikan gabus belum mencari area atau tempat untuk berteduh. Maka dari itu anda dapat memanfaatkan teknik casting atau popping di waktu tersebut.

Apabila anda menggunakan Umpan Ikan Gabus tiruan untuk casting, maka sebaiknya anda mengerti terlebih dahulu tentang bagaimana caranya untuk membuat umpan tersebut dapat bergerak selayaknya umpan ikan yang alami. Begitu juga jika anda penggunaan umpan berjenis popper. Selain itu, jagalah ketenangan suasana di sekitar pada saat memancing supaya tak membuat ikan gabus terkejut serta beranjak pergi meninggalkan spot memancing anda. Dan untuk senar sebaiknya gunakan senar yang kuat minimal bisa menahan bobot kurang lebih 20 kilogram supaya tak terjadi senar putus pada saat anda mendapatkan ikan gabus berukuran besar.

Bawalah juga mata kail yang bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil sampai yang berukuran besar dengan tujuan untuk mengantisipasi apabila tak ada ikan besar yang menyambar maka anda bisa mengganti mata kail yang anda gunakan dengan ukuran yang lebih kecil untuk berburu ikan target. Gunakanlah joran jenis fast tapper, hal ini karena mengingat liarnya fight dari ikan gabus ini yang di khawatirkan bisa merusak dan bahkan bisa mematahkan joran anda nantinya. Dan berikut beberapa jenis Umpan Ikan Gabus yang sangat jitu untuk bekal anda berburu ikan gabus.

Umpan Ikan Gabus paling jitu


Salah satu Umpan Ikan Gabus yang sangat jitu sebagai umpan untuk berburu ikan gabus adalah cacing tanah. Selain sangat mudah untuk didapatkan, cacing tanah rupanya juga sangat ampuh untuk berburu ikan predator misalnya ikan gabus ini. Cacing tanah memiliki ciri khas yakni bau amis yang sangat menyengat sehingga ikan jenis predator seperti ikan gabus menjadi lebih tertarik. Umpan untuk memancing ikan gabus yang lainnya adalah Katak. Cara menggunakannya sangat mudah, kaitkan katak kecil pada mata kail di bagian ekornya, sebaiknya usahakan agar katak tersebut dalam kondisi hidup maka karena bisa membuat ikan gabus sangat ganas.

Umpan Ikan Gabus lainnya yang tak kalah ampuh adalah ikan kecil sejenis Wader. Dalam menggunakan umpan ini sama seperti saat menggunakan umpan berupa katak. Hanya saja sedikit berbeda, bedanya dalam menggunakan umpan adalah dengan mengaitkan pada bagian punggung ikan agar ikan masih bisa berenang layaknya ikan liar, selain itu usahakan agar umpan ikan tersebut tidak mati. Umpan lainnya yang juga bisa digunakan untuk mancing ikan gabus adalah belalang, cara menggunakan umpan ini adalah dengan mengaitkan mata kail ke belalang mulai dari ekor.

Umpan Ikan Gabus yang lainnya adalah Jangkrik atau gangsir. Selain beberapa umpan di atas, jangkrik juga bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan gabus. Cara menggunakan umpan jangkrik sama seperti menggunakan umpan belalang. Umpan lainnya yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus adalah ulat daun pisang. Ulat daun pisang ini juga sangat ampuh untuk dijadikan umpan memancing ikan gabus. Ulat daun pisang memiliki daya pikat tersendiri bagi ikan gabus. Cara menggunakannya juga sama dengan menggunakan umpan belalang.

Subscribe to receive free email updates: