Pembuatan Umpan Ikan Lele Terlengkap

Kegemaran dalam hal memancing tentu dapat dimanfaatkan oleh banyak orang saat mengisi waktu luang atau mengisi akhir pekan. Selain memerlukan sedikit kesabaran saat kita sedang memancing kita juga memerlukan pemilihan umpan yang tepat agar kita tidak terlalu banyak membuang waktu saat memancing sehingga waktu yang kita gunakan lebih efisien apabila orang hanya untuk mengisi waktu luang. Ada berbagai jenis ikan yang dapat dijadikan sebagai sasaran para pemancing. Dan untuk jenis ikan tawar yang masih menjadi kegemaran para pemancing adalah ikan lele. Umpan ikan lele sendiri terbilang mudah.

Pembuatan Umpan Ikan Lele Terlengkap

Ikan lele merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar dan mudah untuk dipancing, dan memiliki tenaga yang cukup baik sehingga dapat menambah sensasi saat anda memancing ikan tersebut. Ikan lele memiliki patil yang merupakan sirip ikan lele tambahan yang dapat membuat ikan lele berenang lebih cepat. Menarik, dengan adanya sifat lele tersebut tentu akan menjadi tantangan dalam memancing dan memilih umpan ikan lele yang tepat.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih umpan ikan lele adalah, ikan tersebut merupakan jenis ikan yang dapat mengenali umpan yang sebelumnya pernah digunakannya untuk memancing. Kita tidak bisa menggunakan umpan yang sama saat memancing ikan lele, karena kemungkinan ikan lele tidak akan mendekati jenis umpan sama seperti yang dulu digunakan. Untuk itu, kita perlu mendapatkan jenis umpan ikan lele yang paling ampuh.


Persiapan Pembuatan Umpan Ikan Lele


Berikut pembuatan umpan ikan lele, ada beberapa jenis pembuatan umpan ikan lele praktis yang dapat digunakan untuk memancing ikan lele,

• Campuran cacing sutra, ½ sendok teh vanili, 1 butir telur bebek, ½ sendok teh bubuk bawang putih / garlic, dan pellet udang, aduk sampai merata dan bentuk bulatan seukuran mulut ikan.

• Campuran 2 ons daging sapi yang telah dihaluskan atau digiling, 1 sendok makan wisman, dicampur dengan sedikit air dan aduk sampai merata kemudian bentuk bulatan seukuran dengan mulut ikan.

• Campuran usus ayam yang telah dikukus, 1 butir telur ayam, 1 lembar keju, mie blender,campur semua bahan menjadi satu aduk sampai merata dan umpan siap digunakan.

• Campuran cacing tanah, 1 butir kuning telur bebek, campur sampai merata dan diamkan selama + 2 sampai 3 jam.

• Campuran 1 ons jangkrik yang sudah dibersihkan pada bagian sungutnya dan juga kakinya, cuka, essence probait, campuran semua bahan dalam wajah ditambah dengan 60 ml cuka tadi, dan juga essence sebanyak 30 tetes. Aduk sampai merata.

Selain dari umpan ikan lele tadi, kita juga bisa menggunakan umpan yang lebih alami dan dapat dicari dimana saja. Kita dapat memancing ikan lele dengan ikan lele itu sendiri, ikan lele dikenal merupakan jenis ikan kanibal yang dapat memakan jenis ikan itu sendiri bila sudah mengalami kondisi lapar. Untuk itu kita dapat menggunakan umpan yaitu ikan lele yang sudah dibakar sebelumnya sampai setengah matang dengan menyisakan sedikit darah.

Selanjutnya cacing, cacing laut, cacing tanah atau cacing merah dapat digunakan untuk dijadikan umpan ikan lele. Atau anda dapat mencampurkan cacing tersebut dengan kuning telur dan aduk sampai merata. Jangkrik juga bisa digunakan sebagai umpan ikan lele sederhana yang mudah didapatkan di alam. Ikan mas yang memiliki sedikit bau amis juga dapat dijadikan umpan ikan lele. Umpan alami lainnya adalah udang yang telah dibuang bagian kepalanya dan ekornya, daging keong, daging bekicot, belalang, ikan teri, ulat dari daun pisang, laron, katak kecil, dan juga menggunakan cicak bakar.

Bila anda masih merasa kesulitan dalam mencari umpan ikan lele dan tidak memiliki banyak waktu anda juga bisa menggunakan beberapa jenis pellet yang dijual di toko-toko pakan seperti pellet PF 1000 dan pellet 781-2 SP. Dan jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal, maka anda dapat mencampurkan pellet tersebut dengan beberapa bahan lainnya. Campur pellet PF 1000 dan pellet 781-2 SP dengan 2 bungkus terasi, rebusan 2 butir kuning telur, tepung ikan teri dan udang, 1 siung bawang putih dan air, aduk sampai merata. Selamat menikmati kegiatan memancing anda.

Baca Juga: Umpan Ikan Bawal Praktis Dan Ampuh

Subscribe to receive free email updates: